Tips Untuk Masalah Blue Screen of Death (BSOD)

Posted: April 15, 2011 in komputer & photoshop

klo pada layar komputer anda sering mengalami seperti gambar dia atas, maka waspadalah komputer anda mengalami BSOD, jika ini tumben tarjadi anda bisa langsung me restart komputer anda.

sebenarnya BSOD memberikan informasi tentang dimana terjadinya kerusakan pada komputer kita, tapi karena biasanya komputer langsung me restart sistemnya padahal kita belum sama sekali membaca informasi dari BSOD.

untuk mengantisipasi hal itu kita perlu  melakukan beberapa hal :

  1. buka System properties  (Win+Pause)
  2. lalu Advanced\Startup and recovery
  3. klik Settings
  4. Uncheck Automatically restart

Mulai sekarang, temen2 akan memiliki banyak waktu untuk menikmati pemandangan layar biru, maka akan ditampilkan sampai temen2 menekan tombol reset (pemilik laptop waspadalah: jika anda tidak memiliki tombol reset, temen2 harus menghidupkan sistem off, lalu hidupkan kembali).

gmana cara mecahin masalah BSOD???

* Jika temen2 beruntung, layar biru akan berisi nama driver yang salah, salah satu yang menyebabkan masalah. Biasanya file *. sys. Copy nama file itu dan lihat apakah temen2 dapat menemukan info tentang itu di Internet. Biasanya hasil pertama akan mengarahkan temen2 ke halaman yang menjelaskan program mana yang milik driver , jadi sekarang temen2 dapat boot ke Safe Mode dan menghapus aplikasi yang bermasalah.
* Atau, temen2 mungkin mengetahui bahwa layar biru mulai terjadi setelah temen2 menginstal sebuah program tertentu atau driver perangkat – sehingga jelas hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba untuk menghapus program itu dan menginstal versi yang lebih baru.
* Microsoft menyediakan daftar kesalahan ditampilkan pada layar biru, serta deskripsi rinci. Ini adalah ide yang baik untuk melihat di daftar itu dan mencari tahu makna PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA atau IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Minidump – apa yang harus temen2 lakukan dengan itu???
Secara default Windows akan membuat Minidump, dan menyimpannya ke Minidump% windir% \. Minidump ini berisi informasi mengenai kondisi sistem sebelum tabrakan, data ini dapat digunakan untuk memahami apa yang menyebabkan kesalahan, dan bagaimana untuk memperbaikinya.

Perhatikan bahwa menafsirkan Minidump tidaklah mudah jika temen2 bukan teknisi yang berpengalaman. temen2  mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih positif jika temen2 mencoba tips yang dijelaskan di atas. Jika belum juga membantu, temen2 bisa meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli.

Jika temen2 ingin mencobanya sendiri, menggunakan alat Microsoft Debugging for Windows. Setelah temen2 menjalankan debugger, pergi ke dump crash File \ Open.

Bagaimana mengaktifkan minidumps ??
Beberapa orang mungkin memilih untuk menonaktifkan penciptaan minidumps (untuk menghemat ruang mungkin?), Tetapi ini sangat penting ketika terjadi troubleshooting.

Untuk mengaktifkan minidumps:

1. Tekan Win + Pause untuk memulai dialog System Properties;
2. Pergi ke Advanced \ Startup dan pemulihan;
3. Pastikan bahwa informasi debugging diatur ke dump memori kecil (64 kb).

semoga tips ni bermanfaat!🙂

Komentar
  1. guest mengatakan:

    nais inpoh gan, laptop ane baru saja kena BSoD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s