Archive for the ‘Fakta & Opini’ Category

Seperti agan agan tau semua, dunia sekarang lagi di landa pengangguran yang makin banyak, apalagi dengan kedatangan super hero… pekerjaan polisi jadi ngk diperlukan …

bayangkan jika seluruh dunia polisinya di pecat… maka pengangguran semakin banyak…

semakin banyak penggagguran… maka kejahatan semakin banyak…

semakin banyak kejahatan… maka superhero semakin banyak

semakin banyak super hero… maka semakin banyak pengangguran

itulah lingkaran setan super hero

terima kasih sudah membaca artikel asal buat ini… 😀

Iklan

gmana ngk konyol, klo saya jd penjahat saya bakal sangat mudah untuk menghindari mereka

superman : manusia super ini sangat lemah ma batu krypton… nah gampang aja.. tu batu kita jadiin batu cincin ato kalung…. Kan aman tuh jadi dia ngk berani mendekat… 😀

klo batman laen lagi caranya… di film dark night udah membuktikan cara terkonyol untuk mengatasi superhero yang satu ini, yaitu transaksi kejahatan di lakukan di siang hari… aman kan 😀

demikian tips saya selamat melakukan kejahatan, resiko di tanggung sendiri… 😛

TARUNA DADARA SUMBAWA 2011

Posted: Oktober 15, 2011 in Fakta & Opini, Tokoh

Patut disayangkan neh…. Peserta dari kecamatan Sumbawa besar ngk ada yang dari kelurahan lempeh…

Cowok cewek lempeh kan terkenal paling cakep dan berintelektualitas tinggi 😀

Langsung aja nih foto taruna dedara yang menang…

Sory gambarnya kecil ane ambil dari jauh sih…. Lagian itu udah di zoom semaksimal mungkin hehehe

saya lupa namanya Yang menang (mungkin agan agan bisa bantu…. ) yang cowoknya dari kecamatan lape pake baju batik & yang ceweknya dari kecamatan  moyo hulu pake jilbab ungu….

Selamat ya buat yang udah menang…. 😀

Cedera Hamstring

Posted: Oktober 14, 2011 in Fakta & Opini

kebanyakan dari temen temen saya adalah seorang olahragawan atau penikmat olah raga walaupun hanya untuk tingkat RT…

selama nongkrong di warung kopi pasti sempatin untuk ngebahas masalah olahraga khususnya sepakbola,

contohnya ne ya….

temen : semalam ibra kok ngk maen waktu lawan barcelona

saya : yep dia cedera hamstring heb…

walaupun kita ngk tau cedera hamstring itu seperti apa semua manggut manggut aja sok tau hehehheh

 

klo mau tau cedera hamstring itu seperti apa langsung aja cekidot

Otot-otot hamstring adalah kelompok otot yang sangat besar dan sangat kuat yang tersebar di bagian belakang paha dari sisi bawah panggul sampai ke bagian belakang tulang kering. Hamstring ini bisa dibilang otot paling penting yang diperlukan untuk memperpanjang sendi pinggul dan melenturkan sendi lutut. Jadi itu adalah otot yang sangat penting dalam olahraga paling modern. hamstring injury sebagaimana disebutkan di atas digunakan dalam banyak olahraga, serta terus-menerus digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Olahraga yang paling terkait dengan cedera hamstring menyebabkan biasanya berlari olahraga, atau olahraga yang membutuhkan sampai ngebut langsung atau tiba-tiba. Ini termasuk sepak bola (atau sepak bola), trek dan lapangan, serta basket. Cedera hamstring juga dapat mengambil tempat dari pukulan langsung atau memukul ke otot seperti ditendang ke bagian belakang paha selama pertandingan sepak bola atau jatuh ke belakang paha. Jadi apa penyebab yang sebenarnya? Sumur hamstring menarik juga disebut sebagai strain hamstring, dan pada dasarnya adalah air mata dari serat otot hamstring yang sebenarnya. Tingkat keparahan cedera hamstring bervariasi. Dalam keparahan cedera terendah air mata yang kecil dan mikroskopis, namun rasa sakit itu masih terlihat. Paha belakang sini adalah dasarnya membentang sedikit terlalu banyak dan beberapa perdarahan kecil mungkin terjadi juga dalam otot. Dalam kasus yang paling parah namun otot hamstring dapat benar-benar benar-benar robek atau pecah yang dapat menghancurkan dan bahkan mungkin memerlukan pembedahan medis untuk memperbaiki. Dalam kasus yang paling parah Anda dapat menemukan Anda tidak bermain olahraga yang Anda inginkan selama berbulan-bulan, bertahun-tahun, atau pernah lagi. Jadi secara keseluruhan otot-otot hamstring adalah kelompok otot besar yang dapat ditemukan di bagian belakang paha dan cedera hamstring bervariasi dalam tingkat keparahan. Mana saja dari robekan-robekan mikroskopik kecil dan pendarahan untuk benar-benar pecah beberapa otot hamstring dan membutuhkan perhatian medis segera.

Beberapa Hadits Tentang Sedekah

Posted: Agustus 11, 2011 in Fakta & Opini

“Bersedekah pahalanya sepuluh, memberi hutang (tanpa bunga) pahalanya delapan belas, menghubungkan diri dengan kawan-kawan pahalanya dua puluh dan silaturrahmi (dengan keluarga) pahalanya dua puluh empat.” (HR. Al Hakim)

“Yang dapat menolak takdir ialah doa dan yang dapat memperpanjang umur yakni kebajikan (amal bakti).” (HR. Ath-Thahawi)

“Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali tiga hal yaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak (baik laki-laki maupun perempuan) yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

“Allah Tabaraka wata’ala berfirman (di dalam hadits Qudsi): “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.”” (HR. Muslim)

“Orang yang mengusahakan bantuan (pertolongan) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihad di jalan Allah dan ibarat orang shalat malam. Ia tidak merasa lelah dan ia juga ibarat orang berpuasa yang tidak pernah berbuka.” (HR. Bukhari)

“Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah Saw, “Sodaqoh yang bagaimana yang paling besar pahalanya?” Nabi Saw menjawab, “Saat kamu bersodaqoh hendaklah kamu sehat dan dalam kondisi pelit (mengekang) dan saat kamu takut melarat tetapi mengharap kaya. Jangan ditunda sehingga rohmu di tenggorokan baru kamu berkata untuk Fulan sekian dan untuk Fulan sekian.”” (HR. Bukhari)

“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

“Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sodaqoh) sebutir kurma.” (Mutafaq’alaih)

“Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh.” (HR. Al-Baihaqi)

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR. Ath-Thabrani)

“Tiada seorang bersodaqoh dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisannya.” (HR. Ahmad)

“Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sodaqohnya.” (HR. Ahmad)

“Tiap muslim wajib bersodaqoh. Para sahabat bertanya, “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?” Nabi Saw menjawab, “Bekerja dengan ketrampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersodaqoh.” Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?” Nabi menjawab: “Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi menjawab: “Menyuruh berbuat ma’ruf.” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi Saw menjawab, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sodaqoh.”” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Apa yang kamu nafkahkan dengan tujuan keridhoan Allah akan diberi pahala walaupun hanya sesuap makanan ke mulut isterimu.” (HR. Bukhari)

“Sodaqoh paling afdhol ialah yang diberikan kepada keluarga dekat yang bersikap memusuhi.” (HR. Ath-Thabrani dan Abu Dawud)

“Satu dirham memacu dan mendahului seratus ribu dirham. Para sahabat bertanya, “Bagaimana itu?” Nabi Saw menjawab, “Seorang memiliki (hanya) dua dirham. Dia mengambil satu dirham dan bersodaqoh dengannya, dan seorang lagi memiliki harta-benda yang banyak, dia mengambil seratus ribu dirham untuk disodaqohkannya.” (HR. An-Nasaa’i)

“Orang yang membatalkan pemberian (atau meminta kembali) sodaqohnya seperti anjing yang makan kembali muntahannya.” (HR. Bukhari)

“Barangsiapa diberi Allah harta dan tidak menunaikan zakatnya kelak pada hari kiamat dia akan dibayang-bayangi dengan seekor ular bermata satu di tengah dan punya dua lidah yang melilitnya. Ular itu mencengkeram kedua rahangnya seraya berkata, “Aku hartamu, aku pusaka simpananmu.” Kemudian nabi Saw membaca firman Allah surat Ali Imran ayat 180: “Dan janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi.”” (HR. Bukhari)

“Tiada suatu kaum menolak mengeluarkan zakat melainkan Allah menimpa mereka dengan paceklik (kemarau panjang dan kegagalan panen).” (HR. Ath-Thabrani)

“Barangsiapa memperoleh keuntungan harta (maka) tidak wajib zakat sampai tibanya perputaran tahun bagi pemiliknya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

“Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lalu dia belanjakan pada sasaran yang benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

“Tiap-tiap amalan makruf (kebajikan) adalah sodaqoh. Sesungguhnya di antara amalan makruf ialah berjumpa kawan dengan wajah ceria (senyum) dan mengurangi isi embermu untuk diisikan ke mangkuk kawanmu.” (HR. Ahmad)

Putu Setia
Sudah lama saya tak mendengar kata babu. Kata itu pernah saya jadikan judul cerita pendek yang dimuat sebuah koran beroplah besar terbitan Jakarta, 1980. Wow, sudah lama sekali.
Saya memang senang istilah yang polos, apa adanya. Seperti halnya saya suka memakai kata pelacur dibanding wanita tuna susila, karena saya menganggap orang yang susilanya tuna tak cuma pelacur. Koruptor pun susilanya tuna. Lagi pula, dalam cerita saya itu, saya ingin mengatakan: “babu juga manusia”, yang punya kehormatan dan layak dihormati.
Tapi banyak orang menyebut kata itu terlalu merendahkan manusia. Srimulat, yang jadi kegemaran saya sejak bermarkas di Bale Kembang, Solo, tak pernah memakai istilah babu. Mereka memakai istilah batur. Babu itu kasar.
Kerja sama Putu Wijaya (penulis skenario) dan Nya’ Abbas Akup (sutradara) menjadikan film Inem Pelayan Seksi laris sampai tiga seri. Entah siapa yang “mengubah” judul film itu–kalau memang ada–karena saya sempat menduga judul awalnya “Inem Babu Seksi”. Lihat adegan ketika Inem melakukan perlawanan, organisasinya bernama PBB–Persatuan Babu-Babu.
Meski babu diganti pelayan, banyak orang tetap merasakan tak enak. Kok, ada jenis pekerjaan yang hanya melayani orang, apalagi dalam urusan rumah tangga, itu sangat merendahkan. Maka kata yang dipakai kemudian adalah pembantu. Lengkapnya: pembantu rumah tangga, lazim disingkat PRT. Nah, ini dirasa klop, tak ada kesan merendahkan. Bukankah presiden, yang mengatur rumah tangga negara, juga punya pembantu yang disebut menteri? Dan bukankah menteri adalah jabatan prestisius yang banyak diincar orang?
Namun, sekarang, pembantu rumah tangga pun jadi tak enak didengar telinga jika dikaitkan dengan negeri lain, misalnya Arab Saudi. Ada puluhan PRT bermasalah di sana, beberapa di antaranya antre dipancung mengikuti jejak Ruyati. Paling tidak mengikuti jejak Darsem, nyawanya ditebus bermiliar rupiah. Jika nasib baik, pulang dengan membawa momongan bayi–entah siapa ayahnya. Negeri lain jarang punya masalah seperti ini karena, menurut mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Hasyim Muzadi, hanya Indonesia yang mengirim pembantu rumah tangga ke negara orang. Bangsa lain tidak mengirim pembantu rumah tangga, yang masih dianggap setengah budak yang bisa diperlakukan seenaknya–diperkosa, dianiaya, dikurung tanpa makan, dan seterusnya.
Indonesia, taman firdaus yang alamnya kaya-raya, ternyata dipermalukan dengan mengekspor pembantu rumah tangga, padahal sudah tak lagi disebut babu. Bukan saja rendah di mata orang asing, sesama kita pun masih tega merendahkan PRT ini. Dengar pernyataan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Gatot Abdullah Mansur, saat rapat dengar pendapat di Komisi I DPR, Kamis pekan lalu, “Tenaga kerja yang dikirim ke Arab Saudi adalah KW-3, bukan KW-1.” Bagi yang pernah membangun rumah tentu tahu, keramik yang mutunya paling jelek disebut KW-3. Betapa terhinanya PRT ini dipersamakan dengan keramik. Duh, Gusti.
Jika begitu, demi tegaknya burung Garuda, hentikan ekspor PRT, meskipun yang dikirim kualitas satu (KW-1). Negeri yang luas dengan sumber daya alam yang besar ini rasanya masih bisa menampung calon-calon teraniaya itu. Kalaupun nyiur tak lagi melambai, kelapa sawit masih subur di Kalimantan dan Sumatera.
Bagaimana kalau kata babu dihidupkan lagi, untuk menggugah Presiden SBY dan Menteri Muhaimin agar punya rasa malu. Indonesia bukan negara babu, bukan bangsa budak. Negeri ini milik para juragan, negerinya para majikan, gemah ripah loh jinawi–asal diurus dengan benar.

 

source

“Untuk saudaraku di Indonesia, mengapa saya harus memilih dan mengirim surat ini untuk kalian di Indonesia. Namun jika kalian tetap bertanya kepadaku, kenapa? Mungkin satu-satunya jawaban yang saya miliki adalah karena negri kalian berpenduduk muslim terbanyak di punggung bumi ini, bukan demikian saudaraku?

Di saat saya menunaikan ibadah haji beberapa tahun silam, ketika pulang dari melempar jumrah, saya sempat berkenalan dengan salah seorang aktivis dakwah dari jama’ah haji asal Indonesia, dia mengatakan kepadaku, setiap tahun musim haji ada sekitar 205 ribu jama’ah haji berasal dari Indonesia datang ke Baitullah ini. Wah, sungguh jumlah angka yang sangat fantastis dan membuat saya berdecak kagum.

Lalu saya mengatakan kepadanya, saudaraku, jika jumlah jama’ah haji asal Gaza sejak tahun 1987 sampai sekarang digabung, itu belum bisa menyamai jumlah jama’ah haji dari negara kalian dalam satu musim haji saja. Padahal jarak tempat kami ke Baitullah lebih dekat dibanding kalian. Wah pasti uang kalian sangat banyak, apalagi menurut sahabatku itu ada 5% dari rombongan tersebut yang memnunaikan ibadah haji yang kedua kalinya, Subhanallah.

Wahai saudaraku di Indonesia,

Pernah saya berkhayal dalam hati, kenapa saya dan kami yang ada di Gaza ini, tidak dilahirkan di negri kalian saja. Pasti sangat indah dan mengagumkan. Negri kalian aman, kaya, dan subur, setidaknya itu yang saya ketahui tentang negri kalian.

Pasti ibu-ibu disana amat mudah menyusui bayi-bayinya, susu formula bayi pasti dengan mudah kalian dapoatkan di toko-toko dan para wanita hamil kalian mungkin dengan mudah bersalin di rumah sakit yang mereka inginkan.

Ini yang membuatku iri kepadamu saudaraku, tidak seperti di negri kami ini. Tidak jarang tentara Israel menahan mobil ambulance yang akan mengantarkan istri kami melahirkan di rumah sakit yang lebih lengkap alatnya di daerah Rafah. Sehingga istri kami terpaksa melahirkan di atas mobil, ya di atas mobil saudaraku.!

Susu formula bayi adalah barang langka di Gaza sejak kami diblokade 2 tahun yang lalu, namun istri kami tetap menyusui bayi-bayinya dan menyapihnya hingga 2 tahun lamanya, walau terkadang untuk memperlancar Asi mereka, istri kami rela minum air rendaman gandum.

Namun, mengapa di negri kalian, katanya tidak sedikit kasus pembuangan bayi yang tidak jelas siapa ayah dan ibunya. Terkadang ditemukan mati di parit-parit, selokan, dan tempat sampah. Itu yang kami dapat dai informasi di televisi.

Dan yang membuat saya terkejut dan merinding, ternyata negri kalian adalah negri yang tertinggi kasus aborsinya untuk wilayah Asia. Astaghfirullah. Ada apa dengan kalian? Apakah karena di negri kalian tidak ada konflik bersenjata seperti kami disini, sehingga orang bisa melakukan hal hina seperti itu? Sepertinya kalian belum menghargai arti sebuah nyawa bagi kami disini.

Memeang hampir setiap hari di Gaza sejak penyerangan Israel, kami menyaksikan bayi-bayi kami mati. Namun, bukanlah di selokan-selokan atau got-got apalagi di tempat sampah. Mereka mati syahid saudaraku! Mati syahid karena serangan roket tentara Israel!

Kami temukan mereka tak bernyawa lagi di pangkuan ibunya, di bawah puing-puing bangunan rumah kami yang hancur oleh serangan Zionis Israel. Saudaraku, bagi kami nilai seorang bayi adalah aset perjuangan kami terhadap penjajah Yahudi. Mereka adalah mata rantai yang akan menyambung perjuangan kami memerdekakan negri ini.

Perlu kalian ketahui, sejak serangan Israel tanggal 27 Desember 2009 kemarin, saudara-saudara kami yang syahid sampai 1400 orang, 600 di antaranya adalah anak-anak kami, namun sejak penyerangan itu pula sampai hari ini, kami menyambut lahirnya 3000 bayi baru di jalur Gaza, dan Subhanallah kebanyakan mereka adalah anak laki-laki dan banyak yang kembar, Allahu Akbar!

Wahai saudaraku di Indonesia,

Negri kalian subur dan makmur, tanaman apa saja yang kalian tanam akan tumbuh dan berbuah, namun kenapa di negri kalian masih ada bayi yang kekurangan gizi, menderita busung lapar. Apa karena sulit mencari rizki disana? Apa negri kalian diblokade juga?

Perlu kalian ketahui saudaraku, tidak ada satupun bayi di Gaza yang menderita kekurangan gizi, apalagi sampai mati kelaparan, walau sudah lama kami diblokade. Sungguh kalian terlalu manja! Saya adalah pegawai tata usaha di kantor pemerintahan HAMAS sudah 7 bulan ini belum menerima gaji bulanan saya. Tetapi Allah SWT yang akan mencukupkan rizki untuk kami.

Perlu kalian ketahui pula, bulan ini saja ada sekitar 300 pasang pemuda baru saja melangsungkan pernikahan. Ya, mereka menikah di sela-sela serangan agresi Israel. Mereka mengucapkan akad nikah diantara bunyi letupan bom dan peluru, saudaraku.

Dan Perdana Menteri kami, Ust Isma’il Haniya memberikan santunan awal pernikahan bagi semua keluarga baru tersebut.

Wahai saudaraku di Indonesia,

Terkadang saya pun iri, seandainya saya bisa merasakan pengajian atau halaqah pembinaan di negri antum (anda). Seperti yang diceritakan teman saya, program pengajian kalian pasti bagus, banyak kitab mungkin yang kalian yang telah baca. Dan banyak buku-buku pasti sudah kalian baca. Kalian pun bersemangat kan? Itu karena kalian punya waktu.

Kami tidak memiliki waktu yang banyak disini. Satu jam, ya satu jam itu adalah waktu yang dipatok untuk kami disini untuk halaqah. Setelah itu kami harus terjun ke lapangan jihad, sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kami.

Kami disini sangan menanti-nantikan saat halaqah tersebut walau hanya satu jam. Tentu kalian lebih bersyukur. Kalian punya waktu untuk menegakkan rukun-rukun halaqah, seperti ta’aruf, tafahum, dan takaful disana.

Halafalan antum pasti lebih banyak daripada kami. Semua pegawai dan pejuang HAMAS disini wajib menghapal Surah Al-Anfal sebagai nyanyian perang kami, saya menghafal di sela-sela waktu istirahat perang, bagaimana dengan kalian?

Akhir Desember kemarin, saya menghadiri acar wisuda penamatan hafalan 30 Juz anakku yang pertama. Ia merupakan diantara 1000 anak yang tahun ini menghafal Al-Qur’an dan umurnya baru 10 tahun. Saya yakin anak-anak kalian jauh lebih cepat menghapal Al-Qur’an ketimbang anak-anak kimi disini. Di Gaza tidak ada SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) seperti di tempat kalian yang menyebar seperti jamur di musim hujan. Disini anak-anak belajar diantara puing-puing reruntuhan gedung yang hancur, yang tanahnya sudah diratakan, diatasnya diberi beberapa helai daun kurma. Ya, di tempat itu mereka belajar, saudaraku. Bunyi suara setoran hafalan Al-Qur’an mereka bergemuruh dianatara bunyi-bunyi senapan tentara Israel. Ayat-ayat jihad paling cepat mereka hafal, karena memang didepan mereka tafsirnya. Langsung mereka rasakan.

Oh iya, kami harus berterima kasih kepada kalian semua, melihat solidaritas yang kalian perlihatkan kepada masyarakat dunia. Kami menyaksikan aksi demo-demo kalian disini. Subhanallah, kami sangat terhibur. Karena kalian juga merasakan apa yang kami rasakan disini.

Memang banyak masyarakat dunia yang menangisi kami disini, termasuk kalian yang di Indonesia. Namun, bukan tangisan kalian yang kami butuhkan , saudaraku. Biarlah butiran air matamu adalah catatan bukti akhirat yang dicatat Allah sebagai bukti ukhwah kalian kepada kami. Doa-doa dan dana kalian telah kami rasakan manfaatnya.

Oh iya, hari semakin larut, sebentar lagi adalah giliran saya menjaga kantor, tugasku untuk menunggu jika ada telpon dan fax yang masuk. Insya Allah, nanti saya ingin sambung dengan surat yang lain lagi. Salam untuk semua pejuang-pejuang Islam dan ulama-ulama kalian.

Abdullah Al Ghaza

 

source

semua pasti udah tau penyebab terjadinya gerhana bulan….
jd kali ini saya ngasi foto foto + video gerhana bulan yang indah aja ya 😀

untuk yang merasa manusia serigala di harapkan untuk tidak melihat lama lama, ntar berubah lagi 😀

cekidot…..

foto….

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

video….

source

Bukan perkara mudah untuk mengidentifikasi seseorang adalah psikopat atau bukan, karena butuh pemeriksaan mendalam oleh psikolog. Namun jika dari 10 pernyataan berikut banyak yang sesuai, maka ada kecenderungan untuk menjadi psikopat.

Psikopat adalah julukan untuk orang-orang yang mengidap psikopati, yakni gangguan kepribadian yang dicirikan dengan tidak adanya perasaan bersalah sedikitpun ketika melanggar sebuah norma maupun aturan. Psikopat juga identik dengan perilaku kejam dan tidak kenal takut.

Seorang psikopat memang tidak selalu melakukan kekerasan seperti yang digambarkan dalam film-film pembunuhan berantai. Kadang-kadang hingga taraf tertentu, perilaku sederhana seperti suka mencontek juga bisa dikategorikan sebagai gangguan perilaku psikopati.

Gangguan kepribadian ini kadang sulit diidentifikasi, karena kebanyakan psikopat tampak normal atau bahkan sangat ramah dalam kehidupan sehari-harinya. Namun di balik itu semua, seorang psikopat tidak punya empati atau kepekaan nurani terhadap lingkungan sekitarnya.

Salah satu contohnya adalah Seung-Hui Cho, mahasiswa Virginia Tech yang membantai 32 teman sekampusnya dengan pistol sebelum akhirnya mati bunuh diri pada tahun 2007. Beberapa orang terdekat mengakui, dalam kesehariannya Cho adalah seorang anak pendiam dan sangat pemalu.

Menurut penelitian, 1 dari 100 orang sebenarnya memiliki kecenderungan psikopati dengan tingkatan yang bervariasi. Dikutip dari TheSun, Sabtu (4/6/2011), 10 pernyataan berikut dapat dipakai sekedar untuk memperkirakan seberapa besar kecenderungan seseorang untuk menjadi psikopat.

Lingkari skor yang paling sesuai di setiap pernyataan: 3 jika sangat setuju, 2 jika setuju, 1 jika tidak setuju dan 0 jika sangat tidak setuju. Jumlahkan seluruh skor, lalu cocokkan dengan keterangan di bawah.

  1. Saya jarang membuat perencanaan. Saya lebih suka segalanya serba spontan dan mendadak. 0 1 2 3
  2. Menyelingkuhi pasangan boleh-boleh saja asal tidak ketahuan. 0 1 2 3
  3. Jika mendadak ada hal yang lebih baik maka tidak ada salahnya untuk membatalkan kesepakatan terdahulu. 0 1 2 3
  4. Melihat hewan terluka atau kesakitan tidak membuat saya merasa terusik sedikitpun. 0 1 2 3
  5. Berkendara dengan kecepatan tinggi, naik roller coaster serta terjun payung sangat menarik bagi saya. 0 1 2 3
  6. Tidak masalah untuk melangkahi seseorang demi mendapatkan apa yang saya inginkan. 0 1 2 3
  7. Saya pintar membujuk dan memiliki kemampuan khusus agar orang mau melakukan kemauan saya. 0 1 2 3
  8. Saya cocok melakukan tugas berbahaya karena mampu membuat keputusan dengan sangat cepat. 0 1 2 3
  9. Bagi saya sangat mudah untuk bertahan dalam sebuah situasi, ketika orang lain mulai merasa sangat tertekan. 0 1 2 3
  10. Jika saya bisa melawan seseorang, berarti orang itu memang pantas menerimanya. 0 1 2 3

Kecenderungan psikopat berdasarkan total skor:

0-10: Rendah
11-15: Di bawah rata-rata
16-20: Rata-rata
21-25: Tinggi
26-30: Sangat tinggi

repost